Dinsdag 23 April 2013

Keripik Tempe Malang Kriuknya Makin Menggoda…

Kota Malang sendiri sebagai salah satu pusat kuliner di Jawa Timur, menawarkan ragam selera makanan, salah satunya adalah keripik tempe. Di Indonesia, memang sudah jamak dengan jenis makanan olahan tempe ini. Tapi keripik tempe bikinan kota Malang memiliki banyak keistimewaan, mulai dari kualitas bahan, rasa, dan teksturnya menawarkan sensasi yang menakjubkan.

Salah satu sentra pengrajin keripik tempe asli Kota Malang, berada di sepanjang Jalan Sanan. Di sini Anda akan melihat, banyak sekali home industri yang menghasilkan makanan ringan keripik tempe khas Malang. Industri rumahan di jalan Sanan ini tetap setia memproduksi keripik tempe, daripada keripik buah yang sama-sama menjadi ikon kuliner Malang.

Alasan utama mengapa mereka masih setia dengan tempe adalah, karena mereka sudah sangat familiar dengan seluk-beluk pengolahan tempe. Sehingga untuk pemasaran keripik tempe sendiri cukup mudah dilakukan. Para pengerajin ini melakukan pemasaran menggunakan beberapa jalur, seperti via online dengan memanfaatkan jejaring sosial facebook atau forum-forum online lainnya. Bahkan yang masih memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut pun ada.

Untuk bahan baku, para pengerajin di kawasan jalan Sanan ini memiliki tradisi unik. Tradisi tersebut adalah membeli tempe dari sesama penghuni kampung Sanan. Hal tersebut dikarenakan para pengusaha tadi beranggapan bahwa kualitas atau mutu tempe yang dijual di Sanan sudah terjamin.

Kualitas keripik tempe di Sanan pun juga ditunjang dari proses pembuatannya yang masih dilakukan dengan cara tradisional. "Pembuatan secara tradisional masih kami berlakukan, karena kami juga masih ingin menciptakan satu lapangan kerja untuk mengurangi angka pengangguran di kota Malang,” ungkap Efendi, salah satu pengusaha tempe di Sanan. Ia menilai kalau cita rasa yang dihasilkan sendiri akan terasa berbeda dengan keripik tempe yang diproduksi menggunakan teknologi mesin terbaru.

Keripik Tempe Malang Dieksport Sampai Amerika

Gurih dan kriuk-nya keripik tempe asal kota Malang, ternyata sampai juga ke Amerika, dan keripik andalan kota Malang tersebut juga menjadi primadona kuliner masyarakat negeri Paman Sam tersebut. Sebut saja keripik tempe “Abadi” yang berdiri pada tahun 1970, dan didirikan oleh H. Ikhrom. Pada awalnya usaha keripik tempe ini dimulai dengan dengan modal awal Rp. 8.000. Usaha yang terletak di jalan Ciliwung nomor 23D hingga saat ini masih berjalan dan terus berkembang.

Soal keripik tempe Anadi sampai ke Amerika ini berawal dari surat PT. Fajar Jaya di Jakarta yang ditujukan kepada H. Ikrom pada 1997 lalu. Dalam suratnya, pimpinan Fajar Jaya melampirkan surat dari koleganya di Amerika yang ingin mencari info tentang keripik tempe Abadi. Si kolega ini mengaku kesengsem dengan produk H. Ikrom ketika ia berkunjung ke Malang beberapa tahun sebelumnya. Kemudian, pihak Fajar Jaya menemui Ikrom dan memintanya untuk mengekspor keripik tempe ke Amerika.

Awalnya, pengiriman produk hanya berkisar 50 kilogram saja. Namun, lama kelamaan permintaan meningkat hingga 150 kilogram tiap kali kirim. Dan untuk selanjutnya, hingga kini urusan ekspor sepenuhnya ditangani Fajar Jaya. Permintaan pengiriman minimal dua bulan sekali. Nilainya sudah mencapai ratusan juta rupiah.

Pensiunan tentara berpangkat terakhir peltu (pembantu letnan satu) dari kesatuan Korem 083 Baladhika Jaya Malang ini, sebenarnya menggeluti usaha keripik tempe adalah sebagai ancang-ancang, mencari usaha yang bisa menghidupi istri dan keempat anaknya selain dari uang pensiunan. Jadi, empat tahun sebelum pension, H. Ikrom bersama istrinya (alm) Sumiatun, bahu-membahu mengembangkan usahanya. Sedangkan merek Abadi merupakan ide ayah mertuanya, S.M. Tohir, bekas agen koran Abadi yang dibredel pemerintah.

Sebagai manusia, H. Ikrom tetap saja tidak puas dengan hasil yang diperoleh. Ia terus berkreasi sehingga terciptalah produk selain keripik tempe, mulai dari keripik nangka, bayam, apel, salak, belut, hingga bekicot. Harga yang dipatok pun tergolong murah, dari Rp. 4.000 untuk keripik bayam hingga Rp. 10.500 untuk keripik tempe spesial berukuran 500 gram.

Kini, Haji Ikrom telah mempekerjakan 17 orang karyawan, 8 orang bagian penggorengan, 3 orang bagian pembungkusan, 4 orang bagian pengirisan, dan 2 orang bertindak sebagai tenaga pengantar atau pemasaran. Bukan itu saja, bahan baku yang berupa tempe mentah itu telah diproduksi sendiri di salah satu rumah Haji Ikrom.

Yang membuat mantan tentara ini bangga adalah, peralatan pembuat tempe keripik di perusahaan Abadi ini tidaklah tradisional lagi. Bila dulu tempe diiris secara manual, kini dengan mesin otomatis. Dulu mereka menggoreng dengan bantuan kompor minyak tanah, kini dengan kompor gas. Dalam pembuatan tempe, sekarang ada mesin khusus untuk mengupas kulit kedelai, tak lagi dengan cara diinjak-injak.

Begitupun untuk menutup plastik kemasan, kini tidak menggunakan lilin, tapi dengan alat pres tersendiri. Karena itu, kemasannya lebih rapi. Tak heran jika banyak pejabat Kota Malang menjadi pelanggan tetapnya. Sekarang, Haji Ikrom tinggal menuai buah kerja kerasnya merintis usaha keripik tempe yang kini dikelola keempat anaknya.

Tertarik untuk menekuni bisnis Keripik Tempe? Kami telah memberikan inspirasinya, kini tinggal Anda yang mengembangkannya. Salam sukses…!!

Bahan Pembuatan Keripik Tempe:

1. Tempe

2. Tepung Tapioka

3. Tepung Beras

4. Minyak Goreng

5. Rempah-Rempah

Cara Pembuatan:

  • Tempe diiris tipis
  • Tepung tapioka, dicampur tepung beras dan rempah-rempah, diaduk dalam air sehingga membentuk adonan encer
  • Panaskan minyak goreng
  • Masukkan tempe yang sudah diiris tipis dan dicelup adonan tadi, ke dalam minyak goreng yang panas
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan
  • Tunggu sampai dingin
  • Keripik tempe siap untuk dikemas

2 opmerkings:

  1. info bisnis online gan
    okeyprofits.com perusahaan online yg sudah banyak menguntungkan dan sya sudah membuktikannya, hanya modal 100 rb saya sdah untung 1 jutaan dlm 1 minggu.dengan merekrut org lain kita dpt bonus, perushaan memberikan keuntungan 2% perhari dari modal awal kita dan kontrak 100 hari
    ini kerja nyata semakin giat dan percya dri dlm meyakinkan orang lain tak da yg tak bisa. kerja keras hasil pun besar kerja malas tak da hasil.
    daftar grtais dr Url sya
    untuk info lanjut 082166643133

    AntwoordVee uit
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    AntwoordVee uit